KISI-KISI SOAL
PENILAIAN
AKHIR SEMESTER (PAS) I
Tahun 2017/2018
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia Kelas : VIII (Delapan) Kurikulum Acuan : KURIKULUM
2013 (K.13)
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
TK
|
No. Soal
|
KC
|
1
|
3.1 Mengidentifikasi unsur-unsur
teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca.
|
· Unsur-unsur berita (5 W + 1H)
|
Disajikan teks berita, siswa menentukan unsur berita yang terdapat di
dalam teks.
|
MD
|
1
|
|
Disajikan teks berita, siswa menentukan bagian unsur mengapa
dalam teks tersebut.
|
SD
|
2
|
|
|||
2
|
4.1 Menyimpulkan isi dari berita (membanggakan dan memotivasi) yang
dibaca dan didengar.
|
· Ringkasan dan penyimpulan
berita.
|
Disajikan teks berita, siswa menentuan simpulan yang tepat sesuai dengan
isi berita.
|
MD
|
3
|
|
Disajikan ringkasan berita, siswa menentukan kalimat yang kontradiktif
dengan isi berita.
|
SD
|
4
|
|
|||
· Langkah- langkah menyimpulkan
pokok- pokok berita.
|
Siswa dapat menentukan langkah-langkah dalam menyimpulkan pokok berita.
|
SD
|
5
|
|
||
· Tanggapan terhadap isi berita.
|
Siswa dapat menentukan tanggapan yang sesuai dengan isi berita.
|
MD
|
6
|
|
||
Disajikan beberapa tanggapan, siswa menentukan tanggapan yang logis
sesuai isi berita.
|
MD
|
7
|
|
|||
Disajikan teks berita, siswa menentukan tanggapan yang baik.
|
SD
|
8
|
|
|||
3
|
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan
memotivasi) yang didengar dan dibaca
berita
|
· Struktur teks berita
|
Siswa menentukan struktur dalam teks berita yang disajikan.
|
SK
|
9
|
|
. Kepala berita (lead)
|
Siswa dapat menentukan rumusan kepala berita dengan tepat.
|
MD
|
10
|
|
||
4
|
4.2 Menyajikan data, informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis
dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan (lafal, intonasi,
mimik, kinesik).
|
- Tubuh berita
|
Siswa menentukan bagian tubuh dalam teks berita yang tersaji.
|
SD
|
11
|
|
- Ekor berita
|
Siswa dapat menentukan rumusan teks ekor berita yang tepat.
|
SD
|
12
|
|
||
· Kaidah- kaidah kebahasaan teks
berita.
|
Disajikan teks berita, siswa menemukan pemakaian funsi keterangan waktu
dengan benar.
|
MD
|
13
|
|
||
· Bahasa baku dan tidak baku
(pengayaan)
|
Siswa dapat menyunting bahasa tidak baku dalam teks berita.
|
MD
|
14
|
|
||
Siswa dapat menunjukkan bahasa yang tidak baku dari kutipan teks berita.
|
MD
|
15
|
|
|||
5
|
3.3 Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari
berbagai sumber yang dibaca dan
didengar.
|
· Teks Iklan, slogan, dan poster
|
Siswa dapat menentukan informasi yang tepat sesuai isi teks iklan.
|
MD
|
16
|
|
Disajikan iklan layanan masyarakat, siswa mampu menangkap isi pesan iklan.
|
MD
|
17
|
|
|||
6
|
4.3 Menyimpulkan isi iklan, slogan,
atau poster (membanggakan dan
memotivasi) dari berbagai
sumber
|
· Unsur-unsur teks Iklan, slogan,
poster
|
Siswa mampu membedakan unsur-unsur iklan dan slogan.
|
SD
|
18
|
|
· Penyimpulan maksud suatu iklan.
|
Disajikan teks iklan, siswa mampu menentukan maksud iklan.
|
SD
|
19
|
|
||
Disajikan poster, siswa menentukan simpulan yang tepat.
|
MD
|
20
|
|
|||
· Menceritakan kembali iklan.
|
Siswa menentukan teks iklan yang sesuai dengan ilustrasi.
|
SD
|
21
|
|
||
7
|
3.4 Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau
poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca
dan didengar
|
· Unsur-unsur iklan, slogan, dan
poster.
|
Siswa mampu melengkapi teks iklan yang dirumpangkan.
|
SD
|
22
|
|
Siswa mampu menentukan slogan yang sesuai dengan ciri-ciri yang ada.
|
MD
|
23
|
|
|||
· Cara menyusun teks iklan,
slogan, poster
|
Disajikan teks iklan, siswa
menentukan kesalahan pada teks iklan tersebut.
|
MD
|
24
|
|
||
Disajikan ilustrasi/konteks iklan, siswa menentukan teks iklan yang
sesuai.
|
SD
|
25
|
|
|||
Disajikan teks iklan, siswa menentukan bagian solusi dalam teks tersebut.
|
MD
|
26
|
|
|||
8
|
4.4 Menyajikan gagasan, pesan,
ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulis.
|
. Teks slogan, poster
|
Disajikan ilustrasi, siswa memilih slogan yang tepat.
|
SD
|
27
|
|
Siswa memilih satu poster yang maksudnya sama dengan poster dalam contok
teks/ilustrasi.
|
SK
|
28
|
|
|||
9
|
3.5 Mengidentifikasi informasi teks eksposisi berupa artikel ilmiah
populer dari koran/ majalah) yang didengar dan dibaca yang didengar dan
dibaca.
|
. Teks eksposisi
|
Disajikan teks eksposisi, siswa menentukan gagasan yang terdapat di
dalamnya.
|
SK
|
29
|
|
10
|
4.5 Menyimpulkan isi teks
eksposisi (artikel ilmiah populer dari koran dan majalah) yang diperdengarkan
dan dibaca.
|
· Unsur-unsur teks eksposisi:
gagasan dan fakta-fakta.
|
Disajikan teks eksposisi, siswa menentukan fakta yang terdapat di
dalamnya.
|
MD
|
30
|
|
· Pola-pola pengembangan teks
eksposisi
|
Disajikan teks eksposisi, siswa menentukan pola pengembangannya.
|
SK
|
31
|
|
||
Siswa dapat menentukan teks eksposisi yang berpola perbandingan.
|
SD
|
32
|
|
|||
· Simpulan teks eksposisi
berdasarkan gagasan utamanya.
|
Disajikan teks eksposisi, siswa menentukan simpulan yang tepat.
|
SD
|
33
|
|
||
· Jenis-jenis paragraf dalam teks
eksposisi.
|
Disajikan beberapa paragraf teks eksposisi, siswa menentukan jenis
paragraf induktif.
|
SK
|
34
|
|
||
Disajikan teks eksposisi, siswa menentukan jenis paragrafnya.
|
MD
|
35
|
|
|||
11
|
3.6 Menelaah isi dan struktur teks eksposisi (berupa artikel ilmiah
populer dari koran/ majalah) yang diperdengarkan atau dibaca
|
. Struktur teks eksposisi
|
Disajikan beberapa jenis stuktur teks, siswa menentukan struktur teks
eksposisi.
|
SD
|
36
|
|
12
|
4.6 Menyajikan gagasan, pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi berupa
yang artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau
keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan
struktur, unsur kebahasaan, aspek lisan
|
· Kaidah teks ekposisi
|
Disajikan teks eksposisi, siswa menentukan istilah teknis yang ada di
dalamnya.
|
SD
|
37
|
|
· Langkah- langkah menyusun teks
eksposisi.
|
Disajikan secara acak langkah-langkah menyusun teks eksposisi, siswa
menentukan urutan yang benar.
|
SK
|
38
|
|
||
Disajikan topik teks eksposisi, siswa menentukan kerangka yang sesuai.
|
SD
|
39
|
|
|||
· Menyunting teks eksposisi.
|
Disajikan topik dan kutipan teks eksposisi, siswa menunjukkan fakta yang
tidak sesuai dengan topik.
|
SD
|
40
|
|
||
Disajikan teks eksposisi, siswa menemukan kesalahan struktur kalimat.
|
MD
|
41
|
|
|||
13
|
3.7 Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi yang diperdengarkan
atau dibaca.
|
· Unsur-unsur pembentuk teks puisi
|
Disajikan teks puisi, siswa menentukan majas dalam teks tersebut.
|
SK
|
42
|
|
Disajikan teks puisi, siswa menunjukkan bagian kata-kata pengimajian.
|
SD
|
43
|
|
|||
14
|
4.7 Menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi yang
diperdengarkan atau dibaca
|
· Simpulan isi, unsur-unsur
pembangun teks puisi, dan jenis- jenisnya.
|
Disajikan teks puisi pendek, siswa menentukan isinya.
|
SD
|
44
|
|
Disajikan puisi, siswa menentukan jenis puisi tersebut.
|
SD
|
45
|
|
|||
15
|
3.8 Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi (perjuangan, lingkungan
hidup, kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca.
|
· Unsur-unsur pembentuk teks puisi
|
Disajikan teks puisi, siswa menentukan tema yang sesuai.
|
SD
|
46
|
|
Disajikan sebuah tema, siswa menentukan puisi yang tepat.
|
MD
|
47
|
|
|||
16
|
4.8 Menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi secara tulis/ lisan dengan memperhatikan
unsur-unsur pembangun puisi
|
· Pengungkapan gagasan, perasaan,
pandangan penulis
|
Disajikan ilustrasi, siswa menentukan teks puisi yang sesuai.
|
SD
|
48
|
|
Disajikan puisi, siswa memilih kata-kata yang memiliki makna
kias/konotatif yang menjadi simbol/lambang dari hal-hal yang diceritakan dlm
puisi.
|
SD
|
49
|
|
|||
· Pembacaan puisi (ekspresi,
lafal, tekanan, intonasi)
|
Disajikan teks puisi, siswa menafsirkan ekspresi yang tepat.
|
MD
|
50
|
|
Banyuwangi, 27 Agustus 2017
|
MGMP BAHASA INDONESIA
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar